Museum Geologi melaksanakan kegiatan sosialisasi dibidang kegeologian dikawasan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Terpilihnya Kabupaten Banjarnegara sebagai tempat pelaksanaan sosialisasi kali ini dikarenakan Kabupaten Banjarnegara merupakan daerah yang mempunyai banyak potensi geologi yang menarik untuk bisa dijadikan destinasi wisata dan sebagai tempat penelitian.

Sosialisasi dengan tema Menuju Geopark Dieng di Pendopo Soeharto Whitlam, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sosialisasi dengan tema Menuju Geopark Dieng di Pendopo Soeharto Whitlam, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pelaksanaan sosialisasi di kawasan Dieng berlangsung pada tanggal 10-11 Februari 2017, yang bertempat di Gedung Soeharto Whitlam, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Dengan mengambil tema “Menuju Geopark Dieng”, dimulai pukul 10.00-17.00 Wib dengan peserta berjumlah 95 orang yang terdiri dari Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten. Banjarnegara, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten. Wonosobo, BAPPEDA, dinas pariwisata, tokoh masyarakat Dieng, kelompok sadar wisata Dieng, dan stake holders lainnya.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Dr. Ir. Ego Syahrial, M. Sc. ( Kepala Badan Geologi) sekaligus memberi sambutan dan harapan untuk kawasan Dieng, dilanjut dengan sambutan  Ir. Oman Abdurahman, M.T. (Kepala Museum Geologi) dan diakhiri oleh sambutan Wakil Bupati Banjarnegara yang sekaligus membuka acara sosialisasi ini.

Kepala Badan Geologi Dr. Ir. Ego Syahrial, M. Sc., sedang menyampaikan sambutannya yang di dampingi oleh Kepala Museum Geologi Ir. Oman Abdurahman, M.T

Kepala Badan Geologi Dr. Ir. Ego Syahrial, M. Sc., sedang menyampaikan sambutannya yang di dampingi oleh Kepala Museum Geologi Ir. Oman Abdurahman, M.T

Narasumber pada kegiatan sosialisasi kali ini adalah:
1. Ir. Hanang Samodra, M.Si.
2. Prof. Mega F. Rosana
3. Prof. Nana Sulaksana
4. Ir. Budi Martono, M.Si.

Narasumber pertama Ir. Hanang Samodra, M.Si. memaparkan tentang “Memahami Geopark” yang menjelaskan definisi, konsep geopark, komponen geopark lainnuya. Narasumber berikutnya yaitu Prof. Nana Sulaksana dan Prof. Mega F. Rosana memaparkan tentang “Menjadi Geopark Nasional dan Keanggotaan Pada Jaringan Geopark Nasional Indonesia” yang menjelaskan tentang panduan membangun geopark, syarat utama membangun geopark, hal utama penetapan geopark, dan hal lainnya. Narasumber terakhir Ir. Budi Martono, M.Si. memaparkan tentang “Pengelolaan Gunung Sewu Unesco Global Geopark” yang lebih menjelaskan tentang sejarah geopark Gunung Sewu dari berawal gagasan, penamaan lokasi, sampai sekarang sudah ditetapka sebagai Unesco Global Geopark.

Para peserta sosialisasi begitu antusias mengikuti epmaparan para narasumber.

Para peserta sosialisasi begitu antusias mengikuti pemaparan para narasumber.

Setelah pemaparan dari semua narasumber, kegiatan selanjutanya ialah sesi diskusi antara narasumber dengan para peserta yang dipimpin oleh moderator Ir. Priatna, M.T. dan Dr. HeryadiRachmat, M.M. sebagai moderator kedua. Dengan segala potensi yang dimiliki oleh kawasan Dieng baik itu potensi alam, potensi budaya, dan potensi lainnya kawasan ini layak menjadi sebuah geopark yang diakui oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia, tinggal bagaimana pihak terkait berusaha mewujudkan semua harapan yang lebih baik untuk Dieng.