Kegiatan Sosialisasi Bidang Museum Kegeologian merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki oleh Museum Geologi sejak tahun 2004 dengan maksud memberikan informasi kegeologian berbasis koleksi yang dimiliki oleh Museum Geologi sebagai salah satu media pembelajaran dalam memahami kondisi geologi di tempat peserta tinggal. Kegiatan tersebut dilakukan selama 2 hari yaitu hari dengan metode seminar di dalam kelas pada hari pertama dan hari kedua merupakan kegiatan kunjungan lapangan (field trip). Tahun 2020 ini, dengan adanya pandemik Covid-19, maka Museum Geologi harus melakukan beberapa inovasi (penyesuaian) dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut. Inovasi yang diambil oleh museum geologi melalui pemanfaatan teknologi informasi yang berkembang saat ini yaitu sosialiasi melalui virtual (daring) dengan media aplikasi zoom meeting yang terintegrasi dengan youtube channel Museum Geologi. Kabupaten Tasikmalaya dipilih menjadi lokasi kegiatan tersebut dikarenakan Museum Geologi memiliki koleksi yang cukup lengkap dalam mewakili seluruh bentang alam (gunung hingga pantai) serta keragaman sumber daya geologi yang dimiliki oleh Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, dikarenakan kegiatan ini melalui virtual, Kabupaten Tasikmalaya dinilai memiliki jaringan internet yang cukup menunjang dilakukannya sosialisasi tersebut.

Kegiatan Sosialisasi Bidang Museum Kegeologian di Kabupaten Tasikmalaya dilangsungkan selama 2 hari (11 – 12 November 2020), dihadiri oleh 500 peserta (200 guru dan 300 siswa/i sekolah menengah pertama se-Kabupaten Tasimalaya) via aplikasi zoom meeting yang terintegrasi melalui youtube channel. Disamping peserta yang terdaftar, hadir pula peserta lain yang mengikuti melalui youtube channel Museum Geologi, sehingga jika diakumulasikan, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sekitar 900 orang. Hal ini menunjukan besarnya keingintahuan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Tasikmalaya akan informasi potensi kebumian di wilayahnya.Foto Tasik 1Pada hari pertama (11 November 2020), kegiatan dipandu oleh “Si Cecep” (Maskot kegiatan daring Museum Geologi) pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan pertama diawali dengan sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana, S.IP., M.M., kemudian dilanjutkan sambutan Kepala Museum Geologi yaitu Iwan Kurniawan, S.T. yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Bidang Museum Kegeologian di Kabupaten Tasikmalaya. Selanjutnya, kegiatan sosialisasi diawali dengan virtual tour Ruang Peragaan Museum Geologi yang dipandu oleh Wilda Aini Nurlathifah, S.T., M.T. (Penyelidik Bumi Museum Geologi) dan Asri Ratnasari, S.S. (Pemandu Museum Geologi). Kegiatan berkeliling di 4 ruangan peragaan yaitu Ruang Geologi Indonesia, Ruang Manfaat dan bencana Geologi, Ruang Sumber Daya Geologi, dan Ruang Sejarah Kehidupan. Tak ketinggalan, saat virtual tour juga turut membahas berbagai koleksi Museum Geologi yang berasal dari Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan dilanjutkan pada siang hari dengan pemaparan dari Ir. Oman Abdurahman, M.T. (penyelidik Bumi Madya Museum Geologi), menjelaskan tentang potensi geologi Kabupaten Tasikmalaya. Antusiasme peserta sangat terlihat dari berbagai pertanyaan menarik yang masuk di kolom chat pada Aplikasi zoom meeting dan youtube channel Museum Geologi.

Foto Tasik 2

Seperti kegiatan Sosialisasi sebelumnya, kegiatan hari kedua (12 November 2020) merupakan kegiatan kunjungan lapangan, bedanya kali ini para peserta bisa menyaksikan secara virtual kegiatan tim Museum Geologi yang berada di lapangan. Lokasi yang dipilih dalam penyelenggraan virtual field trip kali ini adalah Pos Pengamatan Gunungapi Galunggung dan Kawah Gunungapi Galunggung untuk mewakili bentang alam gunungapi serta berbagai potensi bencana mengiringi Kawasan tersebut dan Kawasan Karangnunggal mewakili singkapan batuan dan potensi sumber daya mineral yang dimiliki oleh Kabupaten Tasikmalaya.

Kegiatan hari kedua dipandu oleh Paradita Kenyo sebagai moderator yang secara langsung berada di Pos Pengamatan Gunungapi Galunggung. Kegiatan diawali dengan penjelasan secara langsung di lapangan yang berlokasi di Kawasan Karangnunggal oleh narasumber Agustina, S.T. (Penyelidik Bumi Museum Geologi). Agustina menjelaskan berbagai potensi geologi yang dimiliki oleh Kabupaten Tasikmalaya. Tampilan singkapan batuan dan film dokumenter tentang taman jasper yang turut serta menghiasi kegiatan ini juga mempunyai cerita unik dan menarik untuk disimak.

Foto Tasik 3Foto Tasik 4Turut hadir menjadi narasumber di hari kedua yaitu Rizal (Genpari-Gerakan Penggiat Pariwisata Indonesia)dan ada pula Dedi (anggota DPRD Kabupaten Tasimalaya) yang turut berbagi informasi mengenai pengelolaan Kawasan wisata berbasis geologi di Kabupaten Tasikmalaya. Acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai pemantauan Gunungapi Galunggung yang berada di pos pengamatan sebagai salah satu upaya mitigasi bencana letusan gunungapi yang dilakukan oleh PVMBG – Badan Geologi KESDM. Banyaknya pertanyaan yang muncul di kolom chat langsung dibahas pada moment yang tersedia.

Foto Tasik 5Foto Tasik 6Foto Tasik 7

Berbagai apreasiasi diberikan oleh para peserta atas berlangsungnya acara ini. Semoga kegiatan ini dapat berguna dan menginsprirasi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan Sosialisasi ini akan terus berlanjut, mengingat masih banyak koleksi Museum Geologi yang belum secara maksimal disosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Nantikan selalu program unggulan selanjutnya dengan tema yang berbeda dan tentunya tidak kalah menarik ya.

 

 

Author  :  Paradita Kenyo Arum Dewantoro